Thursday, October 18, 2012

etika dan tata cara menulis blog


Blog adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

Etika berasal dari kata ETHOS yang artinya WATAK. Sedangkan MORAL berasal dari kata MOS (bentuk tunggal) atau MORES (jamak) yang artinya KEBIASAAN. aturan yang tidak tertulis bagi blogger dikenal dengan istilah 'Blogging Ethics' atau 'Etika Menulis Blog',  'Blogging Ethics' masih menjadi sesuatu yang kontroversial, dalam arti belum disepakati secara jelas.

batas-batas apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh seorang blogger. Di bawah ini, hal-hal penting yang tidak tertulis:

1.      Mencantumkan Sumber
2.      Menggunakan bahasa yang baik dan benar
3.      Meminta Izin
4.      Bebas Tetapi Tidak Melanggar Hak Orang Lain
5.      Jangan hanya terjebak dalam copy paste
6.      Beri judul semenarik mungkin untuk menarik minat membaca
7.      Menulis hal-hal yang bermanfaat
Namun tak sebatas hanya dari peraturan diatas masih banyak peraturan tak tertulis lainnya yang patut di pahami saat ingin menulis di media blog

Sumber:



No comments:

Post a Comment