Wednesday, February 15, 2012

Huruf

Berawal dari membaca buku bibografi tentang Steve Jobs, saya jadi penasaran dengan produk Apple yang memiliki berbagai macam font unik, Jobs menyukai kaligrafi, dia belajar tentang itu dan tipografi. Sebenarnya apa itu font? Font atau huruf adalah bentuk visual yang dibunyikan sebagai kebutuhan komunikasi secara verbal.

Sebelum masehi, manusia berkomunikasi dengan menggunakan bahasa gambar dengan membuat lukisan di dinding gua yang disebut pictograph, pictograph sendiri banyak digunakan oleh bangsa Mesir sebelum masehi. Kemudian berkembang menjadi ideograph yaitu simbol-simbol yang mempresentasikan gagasan yang ebih kompleks dan abstrak.

Dari pictograph, ideograph yang hanya diimplementasikan melalui gambar akhirnya berkembang phonograph yaitu bahasa tulisan yang memiliki bunyi dan arti dan sudah disebut sebagai alfabet, namun pada saat itu alfabet masih berjumlah 23 dan penulisannya masih menggunakan gambar. Contohnya, alfabet pertama adalah gambar sederhana berebentuk banteng yang dalam bahasa suku phoenician disebut Aleph, kemudian kata inilah yang mengawali adanya huruf A

Bangsa Yunani mengadaptasi phonograph menjadi lebih sederhana dengan tulisan / huruf roman seperti yang kita ketahui sekarang. Huruf alfabet sekarang berjumlah 26 huruf. Istilah alfabet sendiri sebenarnya berasal dari singkatan 2 huruf pertama dalam sistem alfabet Yunani, yaitu Alpha dan Beta (Alphabet)

Seiring berkembangnya jaman, semakin banyak ilmu-ilmu yang mempelajari tentang huruf. Dalam teknologi komputer huruf-huruf dibedakan jenisnya. Ada ilmu tipografi, ada seni rupa huruf, dan anatomi huruf. Menurut anatomi huruf dasarnya setiap huruf terdiri dari kombinasi berbagai guratan garis (strokes) yang terbagi menjadi dua, yaitu guratan garis dasar (basic stroke) dan guratan garis sekunder (secondary stroke)

Apabila ditinjau dari sudut geometri, maka garis dasar yang mendominasi struktur huruf dalam alfabet dapat dibagi menjadi 4 kelompok besar, yaitu:

  1. kelompok garis tegak-datar : EFHIL
  2. kelompok garis tegak-miring : AKMNVZXYW
  3. kelompok garis tegak-lengkung : BDGJPRU
  4. kelompok garis lengkung : COQS

sumber : id.wikipedia.org

No comments:

Post a Comment