Wednesday, November 13, 2013

Etika akuntansi keuangan dan manajemen

Etika akuntansi keuanngan dan manajemen
Menyadari tuntutan penggunaan laporan keangan yang semakin meningkat atas kualitas laporan keuangan perusahaan maka komite prinsip akuntansi indonesia telah menyelaraskan prinsip akuntansi indonesia yang hanya berlaku di indonesia. Hasilnya adalah standar akuntansi keuangan bertaraf internasional. Akntan keuangan bertanggung jawab atas laporan keuangangan yang telah diatur, dan disajikna secara wajar dalam semua hal yang material sedangkan akuntan manajemen bertanggung jawab atas mengembangkan sistem yang efektif untuk mendeteksi dan mencegah kesalahan serta kecurangan dalam cacatan akuntansi. Akuntansi manajemen pada umunnya mempunyai hubungan yangkuat dengan organisasi yang beririentasi pada pengendalian.
1.   Competence, bahwa setiap akuntan harus memiliki keahlian khusus untuk membantu kinerjanya
2.   Confidentiality (kerahasian)
3.    Integrity and Objectivity of Management Accountant merupakan kebebasan dari benturan kepentingan yang di jalankan oleh KAP dan tidak boleh di campur tangan kan oleh pihak lain.

Whistle blowing (mwniup peluit) dalam bahasa inggris makna itu menjadi makna kiasan yaitu membuat keributan, ini sering juga dianggap sebagai perilaku politik yang menyimpang. Whistle blowing adalah suatu tindakan yang dilakukan oleh pihak internal suatu perusahaan untuk menyebarkan kelemahan dan kesalahan perusahaan, atau seorang atasan kepada pihak lain (pihak lawan). Whistle blowing berkaitan dengan kecurangan yang merugikan perusahaan sediri maupun pihak lain. Whistle bowing dibedakan menjadi 2 yaitu whistle blowing internal dan whistle blowing eksternal.
1.      Whistle blowing internal:
Whistle blowing internal terjadi ketika seorang karyawan mengetahui kecurangan yang dilakukan karyawan kemudian melaporkan kecurangan tersebut kepada atasannya.
2.      Whistle blowing eksternal
Whistle blowing eksternal terjadi ketika seorang karyawan mengetahui kecurangan yang dilakukan oleh perusahaan lalu membocorkannya kepada masyarakat karena kecurangan itu akan merugikan masyarakat.

Creative Accounting
Praktek akuntansi yang mengikuti hukum dan peraturan yang diperlukan, tetapi menyimpang dari apa yang standar-standar capai. Akuntansi Kreatif mengkapitalisasi pada celah dalam standar akuntansi untuk palsu menggambarkan citra perusahaan yang lebih baik. Meskipun praktek akuntansi kreatif adalah legal, celah mereka mengeksploitasi sering direformasi untuk mencegah perilaku tersebut.

Fraud Accounting
accounting fraud atau penipuan akuntansi.

Fraud Auditing
Fraud Auditing atauPenipuan audit

Sumber
Pengantar Etika Bisnis Oleh Prof. Dr. Kees Bertens, MSC
Perilaku Organisasi 2 (ed. 12) HVS Oleh Perilaku Organisasi 2 (ed. 12) HVS
Whistleblowing Oleh Marek Arszułowicz
Whistleblowing Oleh Marek Arszułowicz
Standar Akuntansi Keuangan (SAK) 1 September 2007 Oleh Iai

No comments:

Post a Comment