Wednesday, November 13, 2013

etika dalam KAP



Etika dalam Kantor Akuntan Publik

Kode Etik IAI adalah aturan perilaku etika akuntan dalam memenuhi tanggung jawab profesionalnya.

Kode Etik IAI meliputi:
a.
Prinsip etika akuntan
b.
Aturan etika akuntan; dan
c.
Interpretasi aturan etika akuntan

Kode Etik IAI dirumuskan oleh Badan yang khusus dibentuk untuk tujuan tersebut oleh Dewan Pengurus Nasional.

Kode Etik IAI mengikat seluruh anggota IAI


lima aturan etika yang telah ditetapkan oleh Ikatan Akuntan Indonesia-Kompartemen Akuntan Publik (IAI-KAP) yaitu:
1. Independensi, integritas, dan obyektivitas
2. Standar umum dan prinsip akuntansi
3. Tanggung jawab kepada klien
4. Tanggung jawab kepada rekan seprofesi
5. Tanggung jawab dan praktik lain

Berbagai standar etika didapat dari adat sosial dan keyakinan pribadi yang mengakar mengenai halhal yang yang slah dan benar. Etika berkaitan dengan berbagai standar yang digunakan seseorang dalam membuat pilihan dan dalam mengarahkan perilakunya. Berbagai isu etika dalam bisnis dapat dibagi dalam empat area:
·         Kesetaraan
·         Hak
·         Kejujuran
·         Dan penggunaan kekuasaan perusahaan
Etika pemeriksaan ankuntansi harus ditegakkan, dlam artian pelanggaran bukan hanya berdampak terhadap profesi, namun kerugian yang ditimbulakan bisa dilakukan tuntutan dijalur hukum. Penegakan etika profesi akuntansipun menjadi hal yang mendesak. Kemungkinan prnuntutna lewat jalur hukum harus diatur.sehingga proses pertanggung jawaban bisa di pilahkan ke profesi dan masyarakat. Selama ini tuntutan dibatasi oleh profesi, dalam artiansepanjang aturan profesi di patuhi maka akuntansi dianggap telah memenuhi kewajiban baik secara profesi maupun kemasyarakatan.

Peer review adalah review yang dilakukan oleh auditor terhadap kepatuhan suatu kantor akuntansi publik pada sistem pengendalian kualitasnya . Tujuannya adalah untuk menentukan serta melaokan apakah kantor akkuntan publik tersebut telah menyusun kebijakan dan prosedur yang memadai bagi kelima elemen pengendalian kwalitas serta mempraktekannya.

sumber

Akuntansi Keuangan Daerah (ed. 3) : Abdul Halim

Akuntansi Sektor Publik

Auditing dan Pelayanan Verifikasi : Pendekatan Terpadu. Arens, Alvin J , Elder, Randal J dkk

Pengantar Bisnis Kontemporer 1 (ed. 11):  Oleh Boone (Thomson)




No comments:

Post a Comment